APA ITU SOCIAL ENGINEERING?

 


Assalamualaikum wr.wb

Yo hallo welkam back ama saya:V narumi ya emang udah lama nih saya ga upload wkwkwkkw, sekali upload berapa bulan/tahun:V....

Yaudah gas aja kali ini saya ga akan kasih tutorial

Tapi mau ngasih pengentahuan mengenai APA ITU SOCIAL ENGINEERING... oke?? Gass...


Social engineering adalah metode manipulasi psikologis yang digunakan oleh penyerang untuk memanipulasi individu atau kelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan informasi rahasia, akses ke sistem atau sumber daya, atau melakukan tindakan tertentu yang merugikan. Pada internet, social engineering sering digunakan oleh penjahat cyber untuk mencuri data sensitif, informasi login, atau meretas akun pengguna.


Berikut adalah beberapa contoh teknik social engineering yang sering digunakan di dunia maya:


Phishing:

 Penyerang mengirimkan email palsu atau pesan teks yang seolah-olah berasal dari entitas yang terpercaya, seperti bank, layanan online, atau situs web terkenal. Pesan tersebut biasanya meminta penerima untuk mengklik tautan atau mengungkapkan informasi pribadi, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit.

Contohnya gimana bang???..

Gini yaaa...

Jadi phising ini berupa link yaw...gimana sih bang link nya?

Oke kalian udah ga asing bukan dengan link...

Pastelink.net/ ??

Ga asing kan... nah itu contoh link phising, Tetapi phising juga tidak link seperti itu saja ada beberapa link

Makanya google menyediakan untuk pengecekan sebuah link jadi perlu hati hati juga yaaa ges...


Pretexting: 

Penyerang menciptakan skenario palsu atau alasan palsu untuk mendapatkan informasi dari target. Contohnya, seseorang bisa menelepon korbannya dan berpura-pura menjadi petugas layanan pelanggan yang membutuhkan informasi akun atau identifikasi pribadi.

Contohnya gimana bang??

Ini sudah dicontohkan dan targetnya pacar saya sendiri ya..
Jadi si penipu menelepon korban dengan suara yang persis mirip kakaknya atau orang tuanya
Sekarang banyak sekali AI yang bisa menirukan semua suara...maka dari itu kita harus lebih hati hati yaa..


Baiting: 

Penyerang menjanjikan sesuatu yang menarik untuk menggoda target untuk mengklik tautan berbahaya atau mengunduh lampiran berbahaya. Contohnya, penyerang bisa menawarkan file musik atau film gratis yang sebenarnya adalah malware.

Contohnya gimana bang??:

Seperti pengiriman File Surat Undangan pernikahan dan lain lain yaa
Bentuknya emang file padahal file ekstensi nya bentuk apk bukan bentuk txt,png,jgp dan lain lain, makanya harus lebih di teliti yaa...


Impersonation: 

Penyerang menyamar sebagai seseorang yang dikenal atau memiliki kewenangan untuk meminta informasi atau tindakan tertentu. Ini bisa berupa mendirikan profil palsu di media sosial untuk menipu orang lain atau mengirim pesan teks palsu yang mengaku sebagai teman atau kolega.


Tailgating:

 Penyerang mendapatkan akses fisik ke area yang seharusnya terbatas dengan mengikuti seseorang yang sah melalui pintu atau gerbang. Meskipun ini lebih umum dalam konteks fisik, teknik serupa dapat digunakan dalam dunia maya dengan mencoba mendapatkan akses ke akun atau sistem melalui jaringan sosial online.


Quid Pro Quo:

 Penyerang menawarkan sesuatu kepada target sebagai imbalan atas informasi atau akses. Misalnya, mereka bisa berjanji memberikan bantuan teknis palsu dalam pertukaran informasi login.


Human Error Exploitation: 

Penyerang mencari kesalahan manusia, seperti pengguna yang lengah atau ceroboh dalam mengelola kata sandi atau mengklik tautan berbahaya. Mereka kemudian memanfaatkan kesalahan tersebut untuk mendapatkan akses atau informasi.


Social engineering pada internet memanfaatkan kelemahan psikologis dan kemanusiaan dalam upaya untuk mencuri informasi atau meretas akun. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap upaya manipulasi semacam ini dan untuk tidak mengungkapkan informasi pribadi atau mengklik tautan dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.



Nah itulah contoh contoh social engineering yang suka dipakai oleh hacker yang tidak bertanggung jawab...

Jadi kita sebagai pengguna internet jangan sampai ketinggalan oleh jaman yaaa...

Lebih hati hati lagi kedepannya

Yaudah segitu aja dari saya...

See youu

Semoga kalian diberi keselamatan baik di dunia nyata atau didunia internet...